<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d37684113\x26blogName\x3ddjaya4indonesie\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://djaya4indonesie.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://djaya4indonesie.blogspot.com/\x26vt\x3d-4283170324132877227', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Friday, February 02, 2007

Today Yang Panasssss...

Pernah berhubungan dengan penerjemah tersumpah/Sworn Translator/Traducteur ceritifie ngga?
Pernah denger yang namanya pak Subandi? Kabarnya, beliau the only one penerjemah tersumpah satu-satunya di Indonesia untuk bahasa perancis. Beberapa kali ini, aku ada keperluan sama beliau. Seperti 2 hari yang lalu, aku nerjemahin ijasah SMU dan transkrip nilaiku ke beliau. Aku fax dokumen jam setengah dua siang, kira-kira. Lalu aku mencoba menawar melalui sms, karena transkip nilaiku banyak yang sudah dalam bahasa perancis, mestinya kan ada potongan biaya. Gila, per lembar 60 ribu lho! Ya wajar sih, certifié-nya kali ya yang bikin mahal. Akhirnya beliau ngasih potongan juga, lalu aku kirim sms ke nomor salah satu anak buah beliau,yg selama ini membalas sms-smsku, namanya Zaki, nanya aja, bisa ngga dikirim hari ini, seingatku kantor tutup jam 4.
Namanya client JUGA nanya, c'est juste pour savoir, ya toh? Tapi tau ngga, si anak buahnya njawab apa?
"Mikir dong mas!! Klo hr ini dikirim kpn ngerjainnya??" Aku kaget aja. Penerjemah tersumpah yang harga terjemahannya mahal itu kan sebuah badan usaha? sebuah bisnis? Kasarannya seorang penjual jasa. Kok ngga profesional banget ya, kan bisa dijawab:"wah, ngga bisa mas! kan mas baru aja nge-fax, masa secepat itu..iya ngga?

Aku panass! Sampai keesokan harinya (hari ini), aku masih ngerasa panass. Meskipun begitu, aku transfer juga uang "bayaran"nya. Ngga punya atm BCA ataupun atm Mandiri, akhirnya aku transfer pake atm BRI ku, panas-panas aku jalan ke Gardena, lokasi atm terdekat dengan kosku. Pertama kali transfer uang pake atm, aku sempat bingung. Bingung berubah jadi panik, waktu print out keluar blank. Ngga ada bukti tertulis bahwa aku baru transaksi transfer uang. Lalu yang apa yang bisa aku copy trus aku fax ke pak Subandi? Ngurus ke Bank, males, Jogja panasnya minta ampun. Nelpon pak Subandi untungnya beliau mengerti.

Awalnya si Zaki yang nerima telpon, langsung aja aku "hantarkan" panasku pas pada sasaran. Dia ngotot, katanya ya kalo nanya yang bener, ternyata dia tipe mahluk yang ngga bisa nerima kritik. Padahal aku ngomonnya udah baik-baik. Ya udah...karena panas ini masih ada, kalo dokumenku udah sampai Yogya, aku mau complain langsung ke pak Subandinya. Tadi, aku cuma njelasin ke beliau mengenai print out blank yang keluar dari mesin atm, dan harap beliau maklum. Itu aja dulu. Alon waton klakon,je.

Pantas ngga sih kalo aku marah sama si Zaki itu?