<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d37684113\x26blogName\x3ddjaya4indonesie\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://djaya4indonesie.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://djaya4indonesie.blogspot.com/\x26vt\x3d-188892239486957137', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Friday, February 23, 2007

Kuntilanak Jawa ??????


Begitu ada nama RIZAL MAntovani sebagai metteur en scene, aku langsung kepikiran untuk kasih label wajib tonton untuk film ini…. Pas lagi pengen ketakutan nonton film horor, so aku pilih Kuntilanak dari sederetan film-film horor indonesia lainnya. Teringat dulu, aku cukup ketakutan sewaktu nonton Jailangkung I. Harapanku sih, bulu kuduk bakal merinding lagi dan ga berani keluar malam sendiri kayak dulu. Tapi begitu nonton film Kuntilanak ini, kok ngga puas ya ?

Menurutku, ada beberapa kesalahan Rizal dalam film ini : bentuk Kuntilanak versi dia.Yang namanya hantu dan rasa takut itu berhubungan juga dengan budaya. Aku sebagai orang jawa, terus terang terpingkal-pingkal jika vampir muncul di film china. Dracula pun bukan makhluk ghoib, buatku. Dracula sejajar sama preman kriminal paruh waktu yang beroperasi pada malam hari. Ada rasa takut terhadap kematian, tapi bukan merinding khas budaya timur yang percaya dengan dunia lain disekitar kita.

Disini aku mau ngomong kalau kuntilanak versi Rizal dalam filmnya, bukan kuntilanak yang orang ceritakan padaku. Melainkan kuntilanak mirip monster mutan karya orang Barat/Amerika. Ngga seru dong !!!Mungkin Kuntilanak Rizal ingin tampil beda, ngga seperti Suzanna dulu, yang berpakaian putih longgar dan suka nangkring di atas pohon. Sampai sekarang terus terang aku masih ketakutan kalau lihat film Suzanna diputar lagi di stasiun tv. Kuntilanak Rizal sama sekali ngga bikin takut…jujur !

Tambahan pula, aksi si hantu yang suka membunuh ! Sering terdengar cerita orang diganggu hantu di Jawa. Tapi pernah dengar orang dibunuh hantu ? Mungkin ada, tapi bukan Kuntilanak. Pembunuhan berantai yang dilakukan kuntilanak berkaki kuda (huahahaha…lucu banget, kenapa kuntilanaknya ngga sekalian bawa busur panah, biar mirip centaurusnya Hercules) versi Rizal kok seperti ngikut alur cerita film horor barat,ya ? Okey, yang namanya pesugihan itu selalu butuh darah tumbal (Sorry mas Rizal baru dengar kalo ada pesugihan Kuntilanak), tapi tumbalnya ngga sembarangan. Bisa anak kandung, anak pertama, anak bungsu, anak yang lahir jum’at kliwon, pokoknya ada aturan-aturannya lah. Di film ini ngga, Asal bikin marah si cantik Julie Estelle sedikit saja, pasti akan mati. Bukan pesugihan namanya…kalo kayak gini, setahuku sih.

Conclusion : Horornya ngga dapet, aku cuma terperanjat waktu ada kucing loncat dari balik pohon besar. Bikin alur cerita yang sedikit logis kenapa sih  (meski cerita hantu itu ada yang ngga percaya kelogisannya)? Capek deh sama film-film indonesia yang mutunya sebanding sama sinetron. De toute façon, aku senang menikmati wajah Julie Estelle dari awal film sampai akhir. Cantik banget !!!Je t’adore, mon amour…

Perlu pengetahuan mendalam tentang budaya jawa kalo ingin bikin cerita tentang hantu di jawa ! Tanya orang Lombok, atau Sulawesi, atau Papua, atau Kalimantan, di sana ngga ada hantu pocong, meski orang dimakamkan dengan dipocong juga. Atau Sundel bolong dan malam jum’at kliwon, mereka ngga ngeh itu. Gitu ya mas Rizal ya ??? Jangan buat aku kecewa….

Monday, February 19, 2007

Catatan Harian terakhir Jarot...

« ohh | Main

the sicknesssssssssss suck!!
aq lemah. capek.lesu. masalahku banyak. berat- berat lagi..:( :( :0.. suliit sekali bahagia.padahal sudah berusaha,...kebahagiaan-kebahagiaan sudah aku itung-itung, yang sedih-sedih sudah coba lupain..tips satu2nya bikin bahagia bila sedang tidak ada yang bikin senang..apaaaaaaaaaaaaaaa??

aq merasa tidak sehat. pikiranku juga sakit.lunglai dan tiada daya..

sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,

...........

........

.....

...

..

.



ya Allaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!

"oh aq agak mendingan!

December 09, 2006 | Permalink

----------sorry friend,...i never know that you are unhappy...------

Sunday, February 18, 2007

well...is this what people called a life???



God...kau ciptakan kami...lalu kau renggut kami dari teman-teman kami..

...Baru aja, Yasin pergi...kemarin pagi, satu lagi temen terdekat pergi untuk selamanya...
Teman dari kecil..teman yang baik, teman tempat berbagi...teman untuk bersama..teman,temannnn..eyhsn nueeuetemannsu

Seems to me that when we get older we used to hear our lovely friend leave us para siempre...

Gitu ya? Aku masih mentah dalam hidup...bisaku cuma meratap, bagaimanapun kenangan sangat berharga...sangat melekat. Ngga kebayang, kalo dia kan pergi secepat ini..."...motornya di tabrak mobil dari belakang...mdia meninggal seketika.."

Oughhh..ya Alloh!!!

..Desole mon cher ami, j'ai pas le courage pour te voir pour la derniere fois avec ...kafan...c'est trop dur pour moi. Je peux pas venir chez toi, et voir tout le monde qui pleurent, qui te perdent...Aku tetep di yogya ingin selalu mengingat senyummu..tawamu.

Jarot, we will never never never never never forget you...frennn

Friday, February 02, 2007

Surat dari pak dokter

Aku punya devoir pour repondre un mail dari pak dokter...tapi masih males banget,nih. Besok mungkin, aku mau cerita....kalo nama belakang negaraku "Indonesia" adalah catastrophe...
Prenom=indonesie nom=catastrophe
Indonesia bencana...bencana lengket di nama indonesia....

Setelah kedatangannya untuk menolong gempa Yogya, bertubi-tubi bencana masih menimpa...sekarang banjir...flu burung, pesawat hilang, kapal tenggelam....Mots cle=mati, manusia, bencana, tangis...apalagi?

Sabar, Tuhan masih ada di atas sana.
De: Le****63@*****.com Ajouter au carnet d'adresses
Date: Sun, 14 Jan 2007 16:06:17 EST
Objet: Bonjour Yogya....
À:djaya_indonesie@*********.fr

quel bonheur de te lire djaya!je te souhaite tout le bonheur espéré en 2007 et surtout pas de catastrophe pour ton pays
je vais bien et t'annonce la naissance d'un fils , né le 11 janvier (Augustin)
merci de ton mail et du resume du film indonesien "Pasir Berbisik" que je trouve vraiment très beau esthetiquement .Grace a toi je vais en plus le comprendre un peu mieux
bien amicalement
philippe

Today Yang Panasssss...

Pernah berhubungan dengan penerjemah tersumpah/Sworn Translator/Traducteur ceritifie ngga?
Pernah denger yang namanya pak Subandi? Kabarnya, beliau the only one penerjemah tersumpah satu-satunya di Indonesia untuk bahasa perancis. Beberapa kali ini, aku ada keperluan sama beliau. Seperti 2 hari yang lalu, aku nerjemahin ijasah SMU dan transkrip nilaiku ke beliau. Aku fax dokumen jam setengah dua siang, kira-kira. Lalu aku mencoba menawar melalui sms, karena transkip nilaiku banyak yang sudah dalam bahasa perancis, mestinya kan ada potongan biaya. Gila, per lembar 60 ribu lho! Ya wajar sih, certifié-nya kali ya yang bikin mahal. Akhirnya beliau ngasih potongan juga, lalu aku kirim sms ke nomor salah satu anak buah beliau,yg selama ini membalas sms-smsku, namanya Zaki, nanya aja, bisa ngga dikirim hari ini, seingatku kantor tutup jam 4.
Namanya client JUGA nanya, c'est juste pour savoir, ya toh? Tapi tau ngga, si anak buahnya njawab apa?
"Mikir dong mas!! Klo hr ini dikirim kpn ngerjainnya??" Aku kaget aja. Penerjemah tersumpah yang harga terjemahannya mahal itu kan sebuah badan usaha? sebuah bisnis? Kasarannya seorang penjual jasa. Kok ngga profesional banget ya, kan bisa dijawab:"wah, ngga bisa mas! kan mas baru aja nge-fax, masa secepat itu..iya ngga?

Aku panass! Sampai keesokan harinya (hari ini), aku masih ngerasa panass. Meskipun begitu, aku transfer juga uang "bayaran"nya. Ngga punya atm BCA ataupun atm Mandiri, akhirnya aku transfer pake atm BRI ku, panas-panas aku jalan ke Gardena, lokasi atm terdekat dengan kosku. Pertama kali transfer uang pake atm, aku sempat bingung. Bingung berubah jadi panik, waktu print out keluar blank. Ngga ada bukti tertulis bahwa aku baru transaksi transfer uang. Lalu yang apa yang bisa aku copy trus aku fax ke pak Subandi? Ngurus ke Bank, males, Jogja panasnya minta ampun. Nelpon pak Subandi untungnya beliau mengerti.

Awalnya si Zaki yang nerima telpon, langsung aja aku "hantarkan" panasku pas pada sasaran. Dia ngotot, katanya ya kalo nanya yang bener, ternyata dia tipe mahluk yang ngga bisa nerima kritik. Padahal aku ngomonnya udah baik-baik. Ya udah...karena panas ini masih ada, kalo dokumenku udah sampai Yogya, aku mau complain langsung ke pak Subandinya. Tadi, aku cuma njelasin ke beliau mengenai print out blank yang keluar dari mesin atm, dan harap beliau maklum. Itu aja dulu. Alon waton klakon,je.

Pantas ngga sih kalo aku marah sama si Zaki itu?