<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d37684113\x26blogName\x3ddjaya4indonesie\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://djaya4indonesie.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://djaya4indonesie.blogspot.com/\x26vt\x3d-188892239486957137', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Wednesday, September 19, 2007

Ier rdv




Ier rdv




De metro Charles de Gaulle Etoile
A L’Arc de Triomphe
Les rues de Paris, l’obscurité, la dame scintillante
Des pas étaient bien faits, deux garçons souriants
Nous, oui nous, notre premier rendez vous


Sentons le vent, le froid, les feuilles tombées
Le brillant de Seine, vue de ses quais
Au pont d’Alexandre III, moi, sous le charme, de toi et de Paris
Chut !chéri, ne me rappelle pas que demain je serai parti





*a Mika

Sunday, September 16, 2007

la techno parade, la liberté musicale?


Je commence mon histoire sur techno parade par une rencontre avec une fille de 16 ans (au peu près) que j'ai rencontré dans le station de metro juste après avoir insisté la parade. Elle est très belle et encore jeune.Au debut, je savais pas si elle a bu, elle m'a demandé comment pour aller à la gare de l'est, on était a replublique, donc il faut prendre metro ligne 6, le meme metro que moi car j'ai besoin d'aller à la gare du nord puis je fais la correspendance au metro 4 direction port clignancourt.


Gentiment, je l'ai expliquée, elle était comme une bête, vraiment stupide de me poser une question "faut payer combien pour y aller?", voyons elle a eu déjà un billet de metro dans sa main!!! finalement je savais si elle est ivre...elle ne savais même pas où elle est...donc elle m'a fait pitié. Elle est tres belle et encore jeune.En profitant la belle journée de techno parade, elle a été sans doute dans la rue, au millieu de ses amies et la folie, dansait sur le camionette ou au dessus de station de bus, s'amusait, et plutot avec de l'alcool...c'était vraiment la liberté!!!

C'était bien la musique, j'ai bien aimé, mais c'était quand même un peu triste pour la tête orientale que j'ai. Enfin j'avoue que les jeunes indonesiens d'aujourd'hui ne sont pas mieux qu'eux...ils connaissent aussi de l'alcool, drugs, et y a autant de filles indonesiennes qui font de free sex, c'est vrai...mais là, j'avais l'impression que les jeunes sont invitées de faire la féte dans la rue legalement même les bouteilles de bière (ou je sais qoui) sont partout!voilà, et je restais avec mon coca...hihihi

TO BE CONTINUED


Ok, aku mulai cerita ku tentang Techno Parade, kalau di Indonesia itu seperti karnaval. Bedanya, di Indonesia karnavalnya lebih tenang, orang-orang memakai kostum tradisi, ada tari, drumband dan lain sebagainya, tapi di Techno Parade cuma ada musik techno (disko ajojing,hehe), beberapa truk terbuka yang mengangkut para DJ dan cewek-cewek seksi (cowok juga sih), dan soundsystem. Suasana pesta membahana...bayangkan ribuan anak muda (maaf, yang tua cukup nonton dari jendela apartemen saja) turun ke jalan, semuanya menari , umumnya mereka menari satu jenis dance yang lagi nge tren di Prancis, dance techno. Agak aneh menurutku, tapi aku mencoba ternyata susah.
Secara umum, bagus banget acara ini, aku sampai membayangkan kalo di Yogya ada Techno Parade juga, tapi jeleknya, menurutku, hampir semua anak muda yang turun ke jalan, semuanya minum alkohol...namanya juga pesta. Cewek cowok, semua menggenggam botol minuman keras di tangan, jika botol itu sudah habis, dibuang begitu saja di jalan, dan menjadi tugas petugas kebersihan dan truk penyedot sampah untuk membersihkan sisa-sisa pesta mereka.
Nah, waktu aku pulang (dengan berat hati, karena jam 8 ada makan malam di rumah dengan teman-teman indonesia yang ada di Paris), di stasiun metro ketemu dengan seorang gadis remaja umur 16 tahunan, putain dia sangat cantik dengan dandanan gothique, seperti Sarah (putri kedua Uni Elsa). Dia nanya kalo ke Gare de l'est naek metro ligne berapa?
Terus terang aku agak ge-er sedikit, waktu dia akhirnya ngikut aku naek metro 6, soalnya aku juga perlu ke Gare du Nord sebelum pindah ke metro 4 jurusan Port Clignoncourt. Awalnya aku ngga tahu kalo dia lagi mabok, tapi dari binar matanya dan ngomong nya yang sudah tidak karuan, akhirnya aku tahu dia mabok.
Ku suruh dia turun waktu kami sampai di stasiun gare de l'est...dan aku melihatnya pergi dengan keadaan yang membuat hati kasihan....(djaya)
Bersambung!

Wednesday, September 12, 2007

PROUST



halusinant!!!
je suis la, tout a fait a cote de toi, jamais je suis aussi heureux que ça....(merci monsieur le photograph...)

Thursday, September 06, 2007

Paris n'est pas seulement la beauté




je veux bien vous raconter tous les histoires que j'ai passé là ...mais je crains que ça vous ennuie,hehe

alors, paris n'est pas seulement la beauté...ce soir la, je suis sorti avec da fago à environ 11 h, dans le metro y avait un blanc qui a trop bu de l'alcool...o la la, il parlait n'importe quoi...surtout le rasisme sur les noires "ta couleur noire...etc",on l'a regardé mais on a rien fait...Puis je me souviens d’une amie avec qui j’ai travaillé pour medecins du monde. Elle m’a dit qu’a paris, on ne vous regardes jamais comme on la regardes en indonesie malgre sa couleur blanche. (wong jowo seneng banget melototi bule,n’est ce pas ?)Elle a dit de plus qu’on s’en fou comment vous etes, vous vous habillez, etc…Mais là, ce que j’ai vu ..c’est plus grave non ??

et quand je suis rentré a 3-4 h du matin, j'ai vu des polices qui etait en train de fouiller les noirs...j'allais presque pleurer...parce que ---comment je peux te decrire la situation----chaqun contre le mur..silence..les noires etaient comme les graves criminels, comme des forçats..n’importe qui les filles, les petits adolescent,tous les noirs qui passent ce coin, la police va les arreter...je savais pas ce qu'ils ont fait exactement...

sans papiers peut etre…mais y a aussi de philipens, chinois…algerien, non ?

voila, d'autre cote , paris n'est pas tres propre, les jardins public sont propres, mais dans la rue ,surtout pres d'ou j'habite, est pareille comme yogya.






Rasanya ingin ku ceritakan semua hal yang aku alami di Paris, meskipun memalukan dan tampak bodoh (ndeso), tapi aku sadar tak semua dari kalian (teman-temanku) adalah pembaca yang sabar dan tak mudah bosan..




Jadi, cerita yang ini, mungkin akan menampar mimpi kalian tentang Paris atau Prancis, tahu ngga, Paris tidak hanya keindahan!!!Aku sampai jengkel banget, sore itu aku keluar malam sama Da Fago, mau ke klub sama temen-temen dia, sekitar jam 11 malam. Nah, waktu di metro ada orang kulit putih, enfin dia lagi mabuk, teriak-teriak ngata-ngatain orang kulit hitam...rasis gitu. Okey aku mengerti dia sedang dalam keadaan mabuk, artinya dia mengatakan kalimat-kalimat dengan tidak sadar. Tapi, kalimat-kalimat itu sudah terlanjur keluar , dan aku yakin yang tersindir (sodara-sodara berkulit hitam) pasti sakit hati.




"kulitmu yang hitam...dan tralala tralali...", aku aja sakit hati apalagi mereka. Orang-orang lain seolah ngga mau tahu, semuanya mendiamkan si busuk itu mengeluarkan tahi nya lewat mulutnya yang kotor dan berbau alkohol! Aku jadi ingat kata Diane, administrasi di MDM, dia bilang bahwa di Paris, tak ada orang yang melihat kita dengan "certain regard bizarremment". Maklum, waktu dia di Yogya orang jawa enfin orang indonesia suka sekali melihat dia dengan aneh (tepatnya "kagum", kita setuju kan kalo menurut orang kita orang berkulit putih itu cantik?). Alasannya cukup satu, dia bule. Nah ini, yang aku lihat sepertinya lebih parah...karena orang melihat tidak dengan tatapan "kagum" melainkan menghina.




Dan waktu aku pulang, ada yang lebih parah lagi, Razia kulit hitam! Aku melihat dengan mata kepalaku sendiri, dua polisi yang menggeledah orang-orang kulit hitam di salah satu sudut jalan jam 3 pagian. Aku hampir menangis, karena...tampak sekali ketertindasan mereka. Suasananya tegang, dan tentu saja sepi karena sudah hari masih sangat dini.




Kok aku si orang asia dan Da Fago dengan wajah jepangnya, tidak dihentikan? Kami jalan kaki lurus saja, Da Fago marah waktu aku mau ambil foto mereka....




Mungkin mereka sans papier, atau sans domicile...yang akhirnya aku temui dans le bousculade, beberapa minggu setelah malam itu. Mereka demonstrasi di depan Assemble Nationale...enfin tidak hanya kulit hitam, tapi semua orang berbagai jenis kulit yang peduli terhadap hak asasi manusia.




Dan juga aku kasih tahu, kalau Paris ngga bersih bersih banget, di Taman Kota memang bersih, tapi di jalan-jalan laen, apalagi di dekat tempat aku tinggal di 18 eme arrondissement, kotor. Banyak sampah juga, meski tak separah Yogya.